Memasang printer HP 2545 di Ubuntu dengan koneksi WiFi

Printer HP 2545 adalah salah satu seri yang mendukung pencetakan, pemindaian, dan fotokopi. Meski secara pribadi tidak begitu suka printer yang multifungsi semacam ini, tetapi ada satu fitur yang menyebabkan saya membeli printer ini, tersedianya koneksi WiFi. Artinya, komputer, laptop, bahkan gawai bisa mencetak dengan printer ini selama terhubung melalui WiFi.

Rupanya Ubuntu 14.04 otomatis mendeteksi printer ini. Caranya cukup mudah. Pastikan printer sudah menyala dan indikator WiFi di printer menyala. Ini pertanda printer sudah terhubung dengan WiFi.

Penampakan Printer HP 2545

Penampakan Printer HP 2545

Di Ubuntu, masuk ke aplikasi Printer. Klik tombol Add.

Menambahkan printer

Menambahkan printer

Kemudian pilih Network Printer. Di sini sudah langsung terdeteksi HP Deskjet 2540. Pada bagian Connection, pilih saja HP Linux Imaging and Printing (HPLIP), kemudian klik tombol Forward.

HP 2545 terdeteksi

HP 2545 terdeteksi

Ubuntu akan langsung mencari dan memasang driver yang diperlukan. Jika diperlukan bisa mengganti nama dan deskripsi Printer untuk memudahkan penggunaan. Kemudian klik tombol Apply.

Proses pemasangan HP 2545

Proses pemasangan HP 2545

Akan muncul kotak dialog untuk test printing. Silakan dilakukan boleh, tidak juga tidak apa-apa. Kini printer HP 2545 sudah terpasang dan tinggal digunakan.

HP 2545 sudah terpasang

HP 2545 sudah terpasang

=======<0>=======

Jika tulisan saya berguna untuk Anda, bolehlah sedikit saweran untuk menyemangati saya berkarya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.