Jangan beri kesempatan iblis

topos: foothold

topos: foothold

Dalam Perang Dunia II, Hitler memerintahkan pasukannya untuk membangun Dinding Atlantik (Atlantic Wall). Sebuah rangkaian benteng dan persenjataan, termasuk ranjau dan jebakan, yang mengular sepanjang pantai barat Eropa. Tujuannya adalah untuk menangkal Pasukan Sekutu yang mungkin menyerang dari Inggris. Hitler tahu bahwa jika pasukan Sekutu mendarat di sana, mereka mendapatkan sebuah posisi awal yang bagus untuk menyerang Eropa – yang waktu itu dikuasai Nazi – dan sekaligus jalan terbuka langsung untuk menaklukkan Berlin.

Para pimpinan Sekutu tahu persis hal yang sama. Mereka memerlukan sebuah tempat pendaratan yang memungkinkan pasukan Sekutu untuk melanjutkan misi membebaskan Eropa. Prinsipnya, jika mereka bisa menguasai sejengkal saja pantai Eropa barat, mereka bisa mendesak pasukan Jerman. D-Day, 6 Juni 1945 di pantai Normandy, pasukan Sekutu membuktikan hal ini.

Strategi yang sama diterapkan di perang Pasifik. Untuk menduduki pulau-pulau yang dikuasai Jepang, pasukan Sekutu menyerang pantai-pantainya. Memang sebuah wilayah yang tidak luas. Tetapi dari tempat berpijak yang sempit itu, perlahan-lahan mereka mendesak dan menguasai area lain di pulau-pulau itu.

dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.[1]

Kata “kesempatan” dalam bahasa Yunaninya adalah topos yang salah satu artinya adalah pantai. Persis seperti strategi perang di atas. Kamus Strong mendifinisikan sebagai a spot – generally in space, but limited by occupancy.

Ketika iblis mendapat tempat berpijak, sebuah spot dalam hidup kita, sekecil apapun, itu adalah kesempatan baginya untuk menguasai bagian lain dari hidup kita. Waspada dengan strategi iblis ini. Jangan beri tempat berpijak bagi iblis – sekecil apapun – dalam hidup kita.

Don’t give the Devil that kind of foothold in your life.[2]

and do not give the devil a foothold.[3]

and do not leave room for the Devil. [4]

Nah, satu lagi makna topos adalah “sarung pedang”. Apa maknanya? Saya memberikan Anda PR untuk merenungkan yang satu ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Efesus 4:27
  2. [2]Ephesians 4:27 – The Message
  3. [3]Ephesians 4:27 – Weymouth New Testament
  4. [4]Ephesians 4:27 – New International Version

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.