Iblis juga menggunakan firman sebagai senjata

Sudah pernah lihat film “The Rite“, ini sebuah film tentang seorang pastor muda yang belajar eksorsisme di Italia. Saya tidak membahas pengusiran setan di film itu, tetapi ada beberapa kalimat yang menarik bagi saya.

Di film itu ada sebuah dialog antara pastor muda ini dengan seorang wanita hamil yang kerasukan. Wanita ini mengumpat dengan berbagai macam bahasa. Kemudian si pastor dengan skeptis mengatakan bahwa si setan menguasai banyak bahasa. Kemudian si setan menjawab dengan mengutip ayat Alkitab, “Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing.[1]. Lalu sang pastor muda menjawab, “engkau sungguh tahu Alkitab“, dan si setan menyahut, “Kami sangat tahu Alkitab“.

Benarkah iblis sangat paham Alkitab? Saya rasa bukan sekedar paham, iblis sangat cakap tentang isi Alkitab. Lupakah kita senjata apa yang dipergunakan iblis waktu mencobai Tuhan Yesus? Kalau orang Kristen sering “berkoar-koar” mengatakan bahwa firman adalah pedang untuk melawan iblis[2], saya mengingatkan bahwa iblis pun menggunakan Alkitab sebagai senjatanya.

Maka, saya menekankan sekali lagi pentingnya setiap orang Kristen memberikan waktu untuk membaca dan belajar firman. Saya heran banyak orang yang sering teriak-teriak mendengar suara Tuhan, tapi tidak pernah membaca Alkitab. Mbok ya ambil pelajaran dari Daud to, orang yang dikatakan merenungkan firman-Nya siang dan malam, tetap saja bisa jatuh kan, apalagi kita yang membaca Alkitab secara “berkala” — kala sempat, kala ada waktu.

Saya rasa ndak lucu kalau iblis lebih pintar Alkitab daripada kita yang mustinya adalah corpus delicti-nya Allah.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Kejadian 11:7
  2. [2]Efesus 6:17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.